TELAAH PUSTAKA “PENGERTIAN GLOBALISASI BISNIS, PERENCANAAN PEMASARAN GLOBAL SECARA SPESIFIK DAN PENGENDALIAN PEMASARAN GLOBAL”
1.1 Pengertian globalisasi bisnis
1.1.1 Perubahan global telah membawa isu yang berkenaan dengan bisnis besar maupun bisnis kecil. Dimana perubahan ini memberikan dampak yang nyata yaitu bergesernya bisnis yang terbatas pada bisnis domestik (nasional) yang terisolasi, karena berbagai akibat seperti perbedaan budaya, jarak dan waktu menuju kepada sistem bisnis global yang terintegrasi atau kerjasama yang mempunyai saling ketergantungan satu sama lain. Dan keadaan ini belum pernah dihadapi sebelumnya oleh manajer bisnis dimana bisnis global ini membawa dampak berupa peluang dan juga ancaman baru.
· Globalisasi pasar, yaitu suatu kejadian dimana berbagai pasar nasional bergabung menjadi satu dan membentuk pasar yang besar dan global (pasar dunia) dengan menciptakan produk yang berstandar dunia atau internasional.
· Globalisasi produksi, yaitu berkenaan dengan tendensi antar beberapa perusahaan yang memberikan sumber komoditi dan jasa dari berbagai lokasi yang berbeda di seluruh dunia, dengan mengambil manfaat dari perbedaan nasional tersebut, dalam berbagai hal seperti biaya dan kualitas faktor produksi, agar dapat lebih kompetitif dalam bersaing.
1. 2Perencanaan Pemasaran Global Secara Spesifik
1.1.2 Perencanaan pemasaran global terdiri atas lima langkah utama yaitu :
1. Pengkomunikasian tujuan
2. Penyusunan rencana
3. Pengagregasian rencana
4. Penerjemahan rencana ke dalam anggaran
5. Pengambilan tindakan
1.1.3 Pengorganisasian Pemasaran Global
1. Pertimbangan utama dalam menyusun struktur organisasi adalah apakah perusahaan global harus menstrukturisasi dirinya berdasarkan lingkup geografis,lini produk,atau lini fungsional.
2. Tujuannya adalah Menghindari duolikasi dan mencapai sinergi dalam mengintegrasikan operasi nasional terpisah ke dalam unit terkoordinasi.
· Dua alternatif yang dipilih dalam merancang struktur organisasi pemasaran global:
1. Perusahaan menangani bisnis internasonalnya dengan cara terpisah atau tersendiri.
2. Perusahaan mengintegrasikan bisnis internasional dengan bisnis domestik melalui pembentukan perusahaan global.
Mengintegrasikan bisnis internasional dengan bisnis domestik melalui pembentukan perusahaan global dapat terjadi intervensi dari kantor pusat.
Bentuk intervensi yang bisa dilakukan oleh kantor pusat :
1) Informing
2) Persuading
3) Coordinating
4) Aproving
5) Directing
1.3 Pengendalian Pemasaran Global
Pengendalian merupakan salah satu aspek kritis dalam pemasaran global.
1. Tujuan pengendalian mengarahkan operasi bisnis dan pemasaran agar bisa mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.
2. Proses pengendalian pemasaran global meliputi tiga langkah utama yaitu:
1) Menyusun standar,
2) Mengukur kinerja dan membandingkannya dengan standar,
3) Melakukan tindakan korektif.
Sumber/referensi :
Komentar
Posting Komentar