Langsung ke konten utama

TELAAH PUSTAKA “PENGERTIAN GLOBALISASI BISNIS, PERENCANAAN PEMASARAN GLOBAL SECARA SPESIFIK DAN PENGENDALIAN PEMASARAN GLOBAL”

1.1               Pengertian globalisasi bisnis
1.1.1   Perubahan global telah membawa isu yang berkenaan dengan bisnis besar maupun bisnis kecil. Dimana perubahan ini memberikan dampak yang nyata yaitu bergesernya bisnis yang terbatas pada bisnis domestik (nasional) yang terisolasi, karena berbagai akibat seperti perbedaan budaya, jarak dan waktu menuju kepada sistem bisnis global yang terintegrasi atau kerjasama yang mempunyai saling ketergantungan satu sama lain. Dan keadaan ini belum pernah dihadapi sebelumnya oleh manajer bisnis dimana bisnis global ini membawa dampak berupa peluang dan juga ancaman baru.
·        Globalisasi pasar, yaitu suatu kejadian dimana berbagai pasar nasional bergabung menjadi satu dan membentuk pasar yang besar dan global (pasar dunia) dengan menciptakan produk yang berstandar dunia atau internasional.
·        Globalisasi produksi, yaitu berkenaan dengan tendensi antar beberapa perusahaan yang memberikan sumber komoditi dan jasa dari berbagai lokasi yang berbeda di seluruh dunia, dengan mengambil manfaat dari perbedaan nasional tersebut, dalam berbagai hal seperti biaya dan kualitas faktor produksi, agar dapat lebih kompetitif dalam bersaing.
1. 2Perencanaan Pemasaran Global Secara Spesifik
1.1.2   Perencanaan pemasaran global terdiri atas lima langkah utama yaitu :
1.      Pengkomunikasian tujuan
2.      Penyusunan rencana
3.      Pengagregasian rencana
4.      Penerjemahan rencana ke dalam anggaran
5.      Pengambilan tindakan

1.1.3   Pengorganisasian Pemasaran Global
1.      Pertimbangan utama dalam menyusun struktur organisasi adalah apakah perusahaan global harus  menstrukturisasi dirinya berdasarkan lingkup geografis,lini produk,atau lini fungsional.
2.      Tujuannya adalah  Menghindari duolikasi dan mencapai sinergi dalam  mengintegrasikan operasi nasional terpisah ke dalam unit  terkoordinasi.
·        Dua alternatif yang dipilih dalam merancang struktur organisasi pemasaran global:
1.      Perusahaan menangani bisnis  internasonalnya dengan cara terpisah atau tersendiri.
2.      Perusahaan mengintegrasikan bisnis internasional dengan bisnis domestik melalui pembentukan perusahaan global.
Mengintegrasikan bisnis internasional dengan bisnis domestik melalui pembentukan perusahaan global dapat terjadi intervensi dari kantor pusat.
Bentuk intervensi yang bisa dilakukan oleh kantor pusat :
1)       Informing
2)       Persuading
3)       Coordinating
4)       Aproving
5)       Directing
1.3      Pengendalian Pemasaran Global
Pengendalian merupakan salah satu aspek kritis dalam pemasaran global.
1.      Tujuan pengendalian mengarahkan operasi bisnis dan pemasaran agar bisa  mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.
2.      Proses pengendalian pemasaran global meliputi tiga langkah utama yaitu:

1)      Menyusun standar,
2)      Mengukur kinerja dan membandingkannya dengan standar,
3)      Melakukan tindakan korektif.

Sumber/referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perencanaan Pemasaran Global dan Tahap-tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional

PERENCANAAN PEMASARAN GLOBAL Proses ini dimulai dengan kerangka kerja konseptual untuk perumusan strategi yang mengidentikasi langkah-langkah yang harus diselesaikan untuk dapat merumuskan sebuah strategi pemasaran global. Perdagangan, investasi dan pasar internasional merupakan sektor yang paling cepat berkembang sejak berakhirnya Perang Dunia II. Ada 6 konsep kunci yang memberi dukungan ke arah pemahaman yang lebih baik mengenai kesempatan dan tantangan dari pemasaran global. Konsep tersebut adalah strategi, perusahaan di Dunia, Pengelompokkan, segmentasi dan target pemasaran, kepekaan lingkungan, pengaruh yang mempersatukan dan membedakan, daur hidup produk/pasar, model daur perdagangan produk. 6 konsep kunci diantaranya : *   Strategi Strategi telah didefinisikan sebagai respon yang dipertimbangkan dari sebuah organisasi pada kenyataan dari organisasi pihak yang berkepentingan dan kenyataan dari lingkungan bisnis. Tabel dibawah menyajikan sebuah kerangka kerja...

Tugas softskill Ekonomi Koperasi M-1

Konsep koperasi Ada beberapa konsep keperasi, konsep koperasi terdiri dari 3 konsep yaitu: Konsep koperasi barat Konsep koperasi sosialis Konsep koperasi Negara berkembang Konsep koperasi Negara barat Konsep koperasi Negara barat adalah konsep yang menjelaskan bahwa koperasi adalah organisasi atau kelompok swasta yang didirikan atau dibentuk oleh orang-orang dengan sukarela yang mempunyai tujuan dan latar belakang yang sama untuk mensejahterakan dan menciptakan keuntungan bagi anggota-anggotanya maupun perusahaan koperasi. Disini keinginan individu dapat dipuaskan dengan saling bekerjasama antar anggotanya, dengan saling membantu dan saling menguntungkan. Setiap individu dengan tujuan yang sama dapat berpartisipasi untuk mendapatkan keuntungan dan menanggung resiko bersama. Hasil dari kerjasama tersebut berupa surplus akan dibagikan secara merata kepada setiap anggotanya dengan menggunakan metode yang telah disepakati sebelumnya. Hasil keuntungan yang belum didistribusi...

Have Something Done / Past Participle

Have + object +   past participle  (-ed form) digunakan ketika kita membicarakan tentang seseorang yang melakukan sesuatu yang kita minta atau instruksikan untuk kita. Maka Have Something Done artinya yaitu seseorang yang melakukan pekerjaan untuk diri kita. Contoh Kalimat dari Have Something Done : 1.       I have my shoes   washed every Sunday (Saya sudah meminta agar sepatu saya dicuci setiap hari Minggu) 2.       I had my motorcycle repaired yesterday (Motor saya diperbaiki kemarin) 3.       We didn’t want to cook so we had a burgers delivered (Kita tidak ingin memasak jadi kita akan pesan  burger)